Widget HTML #1

7 Rekomendasi Perekam Audio PC Gratis untuk Pemula

7 Rekomendasi Perekam Audio PC Gratis untuk PemulaHome studio atau studio rumahan sangat nyaman saat ini  karena dapat didukung oleh software atau aplikasi perekaman di PC. Tidak harus mahal dan tidak perlu ribet pemasangannya. Berbekal laptop atau PC rumahan dengan kartu suara built-in, cukup untuk merekam sederhana. Cukup unduh perangkat lunak perekaman dari internet dan instal di PC favorit Anda dan proyek perekaman sudah siap.

Terlebih lagi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menggunakan perangkat lunak perekaman berbayar  yang mahal karena ada banyak perangkat lunak perekaman gratis atau aplikasi pengganti yang tersedia untuk  studio rumah Anda. Selain itu, aplikasi perekam audio PC gratis yang tersedia di internet adalah perangkat lunak pengedit audio ringan yang tidak akan memakan banyak ruang di memori PC Anda, tetapi tetap memiliki fitur yang cukup baik untuk tujuan perekaman apa pun.

Jika anda baru mengenal software audio, anda tidak perlu berkecil hati karena aplikasi perekam audio  gratis di PC yang kami perkenalkan ini memiliki desain interface yang mudah dipahami dan digunakan, sehingga sangat bagus dan cocok untuk pemula.

1. Audacity (Windows, Mac OS dan Linux)

Yang pertama adalah Audacity yang bisa Anda gunakan untuk merekam audio di PC dan laptop. Perangkat gratis ini dan tersedia untuk berbagai sistem operasi patut dicoba, terutama jika Anda seorang pemula dalam mengedit audio, karena  juga dapat digunakan untuk mengedit audio dengan desain antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami. Namun meskipun gratis, Audacity memiliki hampir semua fitur yang Anda butuhkan untuk pemrosesan audio.

Ada banyak efek seperti bass, treble, distorsi, pembatalan kebisingan dan banyak lagi. Kemudian dilengkapi juga dengan alat analisis seperti Beat Finder, Silence Finder, Sound Finder dan lain-lain. Tentu saja, seperti kebanyakan perangkat lunak pengeditan audio, Audacity mendukung sebagian besar format file audio seperti MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, MP4 dan banyak lagi.

2. Garageband (Mac OS)

Sebelum membahas fitur, mari kita lihat moto perangkat lunak ini "Untuk musisi: tidak perlu pengalaman". Terkenal sebagai aplikasi perekaman audio PC gratis dengan lingkungan audio multi-track yang cocok untuk memproduksi podcast dan video YouTube. Belum lagi software ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk merekam suara dan musik Anda.

Ada preset yang membuat pengeditan dan perekaman lebih nyaman. Lalu ada juga fitur untuk merekam suara dengan keyboard  atau MDI biasa, efek suara chorus, piano, gitar dan  lainnya. Ada juga sampel untuk suara pria dan wanita. Ini adalah aplikasi terbaik untuk macOS.

3. Avid Pro Tools First  (Windows dan Mac OS)

Avid Pro Tools First adalah versi mini dari Pro Tools dan sepenuhnya gratis. Formatnya hampir sama dengan full version dengan  sedikit audio track dan virtual instrument track, hanya 16 track.

Versi gratis ini mendukung perekaman suara hingga 4 lagu sekaligus. Jika Anda tidak memiliki instrumen virtual yang tersedia untuk "menghias" rekaman Anda, jangan khawatir!, Perangkat lunak ini memberi Anda perpustakaan pola, loop, dan penambahan terbalik 500 MB. Anda juga dapat menggunakan template dari  genre yang berbeda untuk memudahkan Anda membuat dan merekam musik.

4. Zynewave Podium Gratis (Windows)

Pada tanggal 26 Juni 2010, Zynewave merilis Podium Free, versi gratis dari Podium. Versi gratis ini tidak terlalu berbeda dengan versi lengkap tetapi beberapa fitur terbatas, terutama konfigurasi antarmuka MIDI terbatas pada satu input dan satu output, tidak ada fungsi pencampuran 64-bit, tidak ada dukungan plugin multiproses, tidak dapat menggunakan  ReWire fungsi, dan tidak ada pemutaran Audio Sekitar.

Namun, meskipun fiturnya terbatas, Podium versi gratis masih cukup untuk  merekam, mengedit, MIDI, dan mendukung plugin instrumen dan efek VST. Dan jika Anda seorang pemula, jangan khawatir, desain antarmuka dari software ini cukup mudah untuk dipahami.

5. Presonus Studio One 3 Prime (MacOS dan Windows)

Perangkat lunak berikutnya adalah Presonus Studio One 3 Prime, sebuah freeware yang dapat bekerja di Mac dan Windows OS. Perangkat lunak ini tidak membatasi jumlah lagu yang dapat Anda buat, atau jumlah trek yang dapat Anda rekam secara bersamaan, atau jumlah plugin atau instrumen virtual  yang dapat disertakan dalam proyek Anda.

Workflow dari software ini mendukung drag and drop dan juga sangat mudah untuk mengakses backing tracks, pulgins dan lain 9. 10. lain. Kamu juga dapat mencari inspirasi untuk proyekmu dengan mengintip ke 1.5GB sample library yang disediakan di fitur presence XT libraries. Dan lebih banyak fitur lagi yang disediakan di software ini untuk mendukung kegiatanmu merekam dan mengolah audio di PC.

6. Perekam Suara Windows  (Windows)

Di Windows 10, kami memiliki dua opsi perangkat lunak default untuk merekam, yaitu versi lama dan versi baru. Anda dapat mengakses keduanya dengan mencari di kotak pencarian Windows dan mengetik "perekam". Pilih yang menggunakan ikon mikrofon.

Aplikasi perekaman Windows 10 ini cukup mudah dan efektif untuk merekam suara. Dan setelah merekam, Anda dapat memutar, memotong, menghapus, dan mengganti nama file yang direkam. Jika Anda hanya perlu merekam audio, menggunakan aplikasi Windows default sudah  cukup.

7. Cakewalk oleh BandLab (Windows)

Cakewalk by BandLab  100% gratis digunakan untuk Microsoft Windows yang dapat Anda unduh melalui aplikasi BandLab Assistant. Perangkat lunak ini sebenarnya adalah reboot dari Perangkat Lunak Tag Terkait DAW: disebut Sonar, yang belum dikembangkan sejak 2008.

Sonar diakuisisi oleh BandLab, kemudian diluncurkan kembali sebagai Cakewalk. Fitur premium  Sonar Platinum belum tersedia tetapi Cakewalk masih layak digunakan  karena sudah menyediakan fitur utama perangkat lunak DAW. Saat ini, Cakewalk  hanya bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Windows. Belum ada pengumuman resmi dari  BandLab apakah di masa mendatang software ini akan tersedia untuk Mac atau Linux.

Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Perekam Audio PC Gratis untuk Pemula"