Widget HTML #1

7 Rekomendasi Soundcard Murah Berkualitas untuk Single Production

Soundcard adalah perangkat opsional untuk mengubah suara instrumen menjadi data digital di komputer. Ada banyak musisi indie yang bekerja di industri produksi tunggal menggunakan perangkat yang satu ini.7 Rekomendasi Soundcard Murah Berkualitas untuk Single Production  Anda dapat menemukan berbagai jenis dan jenis soundcard atau antarmuka audio di pasar Indonesia. Namun, dengan begitu banyak pilihan produk yang tersedia, memilih soundcard terbaik untuk merekam bisa menjadi sedikit tantangan. Oleh karena itu, kami memberikan informasi tentang pemilihan, harga, dan ulasan soundcard. Namun sebelum itu, kami akan membagikan tips memilih produk yang tepat, cara memasang sound card instrumen di perangkat komputer Anda. Mengapa Anda memerlukan soundcard eksternal untuk merekam.

Biasanya, perangkat elektronik seperti smartphone, tablet,  laptop atau komputer sudah memiliki soundcard bawaan yang bekerja dengan cara yang sama. Namun, kualitas suara yang dihasilkan seringkali buruk meskipun standar perekaman profesional. Kemungkinan besar juga audio yang dihasilkan  akan "tercemar" oleh sumber audio lain, yang justru akan menurunkan kualitas rekaman. Jadi Anda  sangat membutuhkan soundcard eksternal untuk mengubah suara menjadi data digital yang jernih. Sesuaikan persyaratan input/output (I/O) soundcard pada instrumen.

Persyaratan perekaman setiap musisi sangat berbeda, dan ini akan mempengaruhi jenis dan jumlah saluran I/O atau saluran keluaran/masukan pada perangkat. Untuk produksi rekaman tunggal, musisi rumahan biasanya  menggunakan perangkat dengan hanya dua saluran. Namun, jika Anda ingin merekam musik berkualitas studio, Anda akan membutuhkan lebih banyak I/O, terutama jika Anda ingin merekam full range. Beberapa soundcard portabel modern memiliki hingga 8 saluran I/O. Pilih perangkat untuk menghubungkan laptop/PC dengan soundcard.

Soundcard menggunakan beberapa jenis teknologi antarmuka. Anda dapat menemukan tiga jenis koneksi yang umum di pasar Indonesia: Thunderbolt, Fire Wire dan USB. Namun, antarmuka PCIe  tidak jarang. Kami sangat merekomendasikan menggunakan Thunderbolt, yang  8x lebih cepat dari USB 3.0. Namun,  laptop biasanya memiliki antarmuka USB, jadi sebaiknya gunakan USB versi terbaru. Jika Anda tidak sepenuhnya puas dengan kecepatan akses antarmuka USB, Fire Wire bukanlah pilihan yang buruk sebagai pengganti. Jenis antarmuka ini menawarkan transfer yang jauh lebih cepat dan lebih andal daripada USB, tetapi tidak sebagus Thunderbolt.  Pilih kualitas suara yang sesuai dengan instrumen dan anggaran rekaman Anda.

Soundcard atau antarmuka audio tidak terlalu murah, dan tampaknya cukup mahal bahkan untuk musisi indie dan non-profesional. Jadi, Anda perlu menyesuaikan anggaran rekaman Anda. Untuk produksi rekaman tunggal non-profesional, Anda dapat menggunakan soundcard 16-bit dengan rentang dinamis 96dB. Atau jika Anda cukup serius dengan kualitas rekaman dan memiliki tujuan jangka panjang. Pilih kedalaman bit 24 bit dengan rentang dinamis 144 dB. Jenis soundcard ini biasa digunakan untuk rekaman studio profesional.  Tidak hanya itu, kualitas suara ditentukan oleh sampling rate dan kualitas konverter soundcard. Untuk keamanan, pilih perangkat dengan laju sampel 48 kHz atau lebih tinggi. Kualitas transduser juga sangat  mempengaruhi jumlah sinyal input yang diterimanya. Cara mengatur soundcard di komputer / laptop Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan soundcard Anda untuk merekam adalah menyiapkan perangkat di komputer Anda. Beberapa soundcard mungkin memiliki protokol yang berbeda. Namun, ada beberapa hal umum yang terkadang terlupakan:

  • Pastikan OS atau sistem operasi komputer Anda kompatibel dengan soundcard Anda. Ini karena ada  produk yang hanya dapat terhubung ke versi OS yang lebih baru atau versi yang sedikit lebih lama.
  • Sebelum membeli soundcard, perhatikan jenis antarmuka atau kabel penghubung. Biasanya soundcard menggunakan Thunderbolt atau FireWire 800 serta kabel jenis USB 2.0 yang dapat terhubung ke 99% perangkat.
  • Setelah semuanya siap, Anda dapat segera mengkonfigurasi dan menghubungkan perangkat Anda ke komputer. Panel kontrol < Perangkat Keras dan Suara jika Anda menggunakan Windows.
  • Jika demikian, Anda perlu menyiapkan digital audio workstation (DAW) di komputer Anda untuk menggunakan soundcard Anda, pengaturannya akan bervariasi tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan.
  • Kemudian pilih jenis suara instrumen yang ingin Anda gunakan untuk rekaman Anda. Pastikan instrumen, soundcard, dan komputer Anda terhubung. Mengetahui dan memahami berbagai aspek yang Anda butuhkan saat memilih dan menyiapkan soundcard, kami merekomendasikan yang terbaik:

1. Steinberg UR22C

UR22C adalah salah satu produk kami yang sangat direkomendasikan. Meski desainnya sederhana,  teknologi yang digunakan tidak main-main. UR22C dapat dihubungkan ke PC tablet Windows, Mac, dan iOS. Selain itu, soundcard ini sudah menggunakan port USB 2.0/3.0 dan TypeC. Soundcard ini menggunakan resolusi suara hingga 32bit/192kHz, sehingga Anda dapat memastikan kualitasnya. Selain itu, bodi dan oasis yang digunakan oleh UR22C sangat tahan lama. Oleh karena itu, daya tahan produk ini tidak perlu diragukan lagi. Dan hal hebat tentang UR22C adalah ia menggunakan teknologi AI Cubase untuk menciptakan musik yang  lebih detail dan efisien. Namun, Anda harus menggunakan OS terbaru dengan teknologi minimal MacOS Sierra, Windows 7/64bit, dan iOS 10.

2. TASCAM US2X2

Tascam US 2X2 memiliki desain yang sangat ergonomis dan dapat mereproduksi suara  berkualitas sangat tinggi. Soundcard ini mengimplementasikan antarmuka USB 2.0 I/O 2 saluran dan mikrofon/saluran UltraHDDA  57dB dengan  noise dan distorsi yang tidak terdengar. Tascam US 2X2 juga menawarkan berbagai kompatibilitas perangkat, memungkinkan untuk digunakan sebagai PC tablet untuk Mac, OSX, dan iOS. Tascam juga menawarkan dua jenis: DAW Cakewalk SONAR X3 LE dan Abelton Live Lite 9.

3. MAUDIO MTRACK 2X2 Seri C

MTRACK adalah soundcard antarmuka audio  yang sangat populer di kalangan musisi indie dan pecinta musik akustik. Karena perangkat ini  dapat memutar musik dengan kualitas yang sangat baik dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun MTRACK terlihat portabel, sebenarnya memiliki rentang dinamis hingga resolusi 24-bit dan laju pengambilan sampel 193 kHz. Hal terbaik tentang seri C adalah suara yang dihasilkannya sangat jernih dan kompatibel dengan  Windows (32/64 bit).

Untuk antarmuka, Anda memiliki dua opsi: USB Type 2.0 dan USB Type C. MTRACK dilengkapi dengan input instrumen khusus untuk gitar dan bass, dan input XLR  untuk mikrofon.

4. Focusrite Scarlett 2i2 Generasi ke-3

Focusrite terus mengembangkan seri Scarlet sebagai produk andalannya. Dan salah satu produk terbaik yang bisa Anda temukan dengan mudah  adalah Scarlett 2i2 3rd Gen. Soundcard ini memiliki dua input/output XLR dan menggunakan antarmuka USB 2.0 yang kompatibel.

5. Mackie Onyx Producer 2.2

Tidak ada lagi kesalahan! Onyx 2.2 adalah salah satu soundcard antarmuka audio  terbaik untuk  musisi solo. Teknologi resolusi tinggi 24bit/192kHz memungkinkan Anda membuat musik berkualitas profesional tanpa memerlukan studio.

Soundcard ini menggunakan I/O berformat MIDI, bertenaga bus tanpa memerlukan daya tambahan, dan sangat portabel. Namun sayang Onyx 2.2 masih menggunakan USB 2.0  untuk konektivitasnya. Namun, Anda tetap dapat menikmati kecepatan transfer data yang cepat dan stabil. Onyx 2.2 menggunakan teknologi  Waveform OEM's Digital Audio Workstation (DAW), yang menyediakan fitur-fitur terbaru dan kompatibel dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, Macintos dan Linux.

6. Audiens iD4 USB 2 in 2

Audience iD4 menggunakan teknologi Pristine Converter dengan kualitas ADDA yang sangat tinggi. Populer di kalangan musisi independen dan profesional, iD4 juga menggunakan teknologi Virtual Digital Audio Workstation (DAW)  yang memungkinkan Anda melihat parameter perekaman langsung di layar komputer Anda.

Soundcard Audient iD4 sangat cocok untuk mereka yang memainkan instrumen senar seperti gitar dan bass. ID4 dapat digunakan tidak hanya untuk alat musik, tetapi juga  untuk perekaman vokal dan akustik.

7. Elemen APOGEE  46

Apogee Element 46 adalah soundcard antarmuka audio terbaik terutama untuk  pengguna Mac dan perangkat seluler seperti iPad. Produk  ini memiliki banyak fitur premium dan menggunakan teknologi terkini. Faktor 46 dapat memaksimalkan kualitas sinyal dan mengurangi noise/distorsi.

Apogee Element 46 dapat digunakan untuk merekam instrumen seperti gitar dan bass, serta instrumen lain seperti drum dan vokal. Hal ini dimungkinkan karena Element 46 memiliki  port antarmuka audio  Thunderblot 12-inci/14-out yang jauh lebih cepat dan lebih andal daripada USB 3.0 dan FireWire.

Soundcard Apogee Element 46  memiliki enam output analog, dua output XLR dan dua output  stereo 1/4" di panel belakang. Element 46 menggunakan teknologi  Logic Pro X untuk memantau proses perekaman.

Kesimpulan :

  • Sebelum membeli soundcard yang memerlukan perekaman, pertimbangkan dengan cermat dan cermat jenis I/O, kompatibilitas perangkat, dan jenis instrumen yang  digunakan.
  • Anda juga harus memperhatikan bagaimana Anda mengonfigurasi soundcard Anda di perangkat seluler atau komputer Anda. Beberapa produk memerlukan driver khusus dan ada juga yang  plug and play.
  • Pilih soundcard Behringer, seperti UControl UCA222, yang  mudah dan murah digunakan untuk perekaman non-profesional.
  • Sedangkan bagi Anda yang menginginkan teknologi terkini dan sound card berkualitas dengan harga terjangkau,  MAudio MTrack adalah pilihannya.
  • Pengguna, terutama mereka yang menggunakan perangkat komputasi berbasis Macintos, dapat memilih dari produk seperti Seri Elemen Apogee  yang dirancang khusus untuk perangkat ini.

Posting Komentar untuk "7 Rekomendasi Soundcard Murah Berkualitas untuk Single Production"